You are currently viewing 3 Faktor Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Sekolah Kristen Bagi Putra Putri Anda

3 Faktor Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Sekolah Kristen Bagi Putra Putri Anda

Ketimbang masuk ke sekolah umum, saat ini banyak orang tua siswa yang memilih menyekolahkan anak-anak mereka ke sekolah kristen, salah satunya adalah smp kristen balikpapan. Hal ini dilakukan mengingat pola pembelajaran yang berlandaskan kekristenan dinilai akan berpengaruh lebih baik pada kepribadian sang anak. 

Meski demikian, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan sebelum memilih sekolah tersebut, baik sekolah Kristen di Surabaya, Jakarta, Balikpapan, Manado, ataupun di wilayah-wilayah lainnya. Beberapa faktor yang dimaksud, antara lain: 

  1. Jarak tempuh

Sekolah yang memiliki jarak tempuh dekat dari rumah biasanya menjadi dambaan para orang tua, terutama bagi mereka yang memiliki anak usia Sekolah Dasar. 

Bagaimanapun, jarak sekolah yang jauh dari rumah hanya akan membuat anak kelelahan di perjalanan, sehingga tidak mampu menyerap pembelajaran secara maksimal. 

Adapun bagi mereka yang sudah memasuki jenjang SMP ataupun SMA, memilih sekolah kristen berasrama bisa jadi pilihan yang baik apabila jarak yang harus ditempuh cukup jauh. Selain melatih disiplin diri, anak akan bisa belajar mandiri dengannya. 

  1. Akreditasi

Kualitas sebuah sekolah kristen salah satunya bisa dilihat dari akreditasi yang didapatnya. Akan lebih bijak kiranya untuk memilih sekolah yang biayanya sedikit lebih mahal dan berjarak agak jauh, namun memiliki akreditasi yang baik. Karena bagaimanapun, masa sekolah anak-anak hanya akan berlangsung satu kali.

Pengecekan akreditasi sekolah bisa anda lakukan dengan mendatangi langsung sekolah yang dimaksud, ataupun mengeceknya melalui Badan Akreditasi Nasional Sekolah yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Anda juga bisa melihat akreditasi untuk smp kristen balikpapan.

  1. Lingkungan sekitar sekolah yang baik

Tidak hanya di sekolah, siswa juga akan bersosialisasi dengan masyarakat lain di lingkungan sekitar sekolah. Karenanya, akan sangat meresahkan bila sebuah sekolah dikelilingi oleh lingkungan yang tidak sehat, yang bisa saja membawa pengaruh buruk pada anak.

Orang tua harus memastikan bahwa sekolah pilihan mereka memiliki lingkungan yang baik dan aman, sehingga anak merasa nyaman belajar selama sekolah.

Ketiga faktor dalam memilih sekolah kristen di atas dapat dijadikan acuan untuk memilihkan pendidikan terbaik bagi putra dan putri anda, begitu pula dalam memilih smp kristen balikpapan.

Leave a Reply