You are currently viewing Ini Dia Pengertian Sistem ERP Ecommerce serta Hubungan Antara Keduanya

Ini Dia Pengertian Sistem ERP Ecommerce serta Hubungan Antara Keduanya

Dalam berbisnis, tentu saja memiliki tantangannya tersendiri sehingga dituntut harus terus berkompetisi setiap waktu, tetapi tidak hanya kompetitif saja, seseorang yang menggeluti bisnis juga harus fleksibel agar dapat bertahan di tengah ketatnya persaingan dalam dunia bisnis. Agar bisa tetap bertahan, pebisnis disarankan untuk menggunakan yang namanya sistem ERP ecommerce.

Apa Itu ERP?

Tidak banyak yang mengetahui apa itu sistem ERP. ERP sendiri merupakan singkatan dari Enterprise Resources Planning, yaitu sebuah perangkat software yang biasanya digunakan oleh perusahaan untuk mengelola aktivitas operasional dalam sebuah bisnis yang dijalankan. Pada awalnya sistem ini hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang ukurannya besar saja, tetapi saat ini sistem ERP akhirnya juga mulai populer di kalangan para pengusaha menengah seperti UKM.

Nantinya sistem ERP ini akan memberikan fasilitas kepada bisnis yang dijalankan dengan cara memberikan informasi secara real-time, dengan fasilitas ini, para pebisnis menjadi dapat mengambil keputusan dengan baik dan tepat berdasarkan dari data-data yang dihasilkan oleh sistem ERP tersebut. Umumnya ada tiga jenis sistem ERP yang biasa digunakan, yaitu one-premise ERP, cloud ERP, dan hybrid ERP.

Saat ini, sistem ERP juga sudah digunakan atau diterapkan pada e-commerce, di mana dengan terintegrasinya sistem ERP ecommerce ini dapat membantu para pelaku bisnis dalam beberapa hal seperti meningkatkan produktivitas berjualan mereka, mempertahankan pelanggan, serta meningkatkan penghasilan. Ini tentu saja menjadi sebuah pencerahan bagi para pelaku bisnis yang berada dalam tekanan karena bisnisnya masih kecil atau menengah.

Lalu, Apa Hubungannya Sistem ERP dengan E-commerce?

Setelah mengetahui apa itu sistem ERP yang disarankan untuk diintegrasi dengan e-commerce yang digunakan pebisnis, lalu akan muncul pertanyaan apa sebenarnya hubungan antara sistem ERP dengan e-commerce itu sendiri?

Pada dasarnya e-commerce merupakan sebuah kegiatan jual-beli yang memanfaatkan sistem elektronik seperti sebut saja jaringan internet. Kemudian, di dalam e-commerce ini akan ada yang namanya proses transaksi yang dilakukan secara elektrik mulai dari melakukan pentransferan data dan menukar data, hingga sistem pengolahan serta inventori yang seluruh prosesnya tersebut dilakukan dengan menggunakan jaringan komputer.

Jika dilihat dari pengertian mengenai e-commerce tersebut, maka kehadiran sistem ERP rasanya memang diperlukan di sini sebagai sebuah bantuan bagi perusahaan untuk mengelola seluruh aktivitas yang terjadi di e-commerce, sebut saja seperti melakukan manajemen pemesanan, manajemen pelaporan, melakukan pengelolaan akuntansi, dan masih banyak aktivitas lainnya. 

Di sinilah sistem ERP akan dibutuhkan, yaitu dengan mengintegrasikan e-commerce dengan sistem ERP agar produktivitas pada e-commerce bisa menjadi lebih meningkat.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian dari sistem ERP dan hubungannya dengan e-commerce serta pentingnya sistem ERP ecommerce tersebut.

Leave a Reply