You are currently viewing Pengertian Chatbot Dan Fungsi Chatbot Commerce Dalam Bisnis

Pengertian Chatbot Dan Fungsi Chatbot Commerce Dalam Bisnis

Pada dasarnya chatbot commerce merupakan sebuah program komputer yang dirancang untuk membuat simulasi percakapan dari penggunaan manusia yang merupakan pembeli dengan sebuah robot percakapan untuk memberikan penjelasan atau pun informasi mengenai produk. Sehingga nantinya dengan menggunakan chatbot anda akan mengurangi biaya untuk penggunaan staff dan meminimalisir beberapa masalah lain.

Biasanya chatbot akan bekerja dengan menjalankan sebuah teks yang sudah ditulis terlebih dahulu dan diprogramkan agar algoritma bisa mencari tahu apa yang dicari sebelumnya oleh seorang pelanggan. Kemudian melalui kata kunci yang sudah dirumuskan sebelumnya robot akan memberikan pesan text otomatis kepada pelanggan dalam berbagai kebutuhan.

Chatbot bisa digunakan untuk melakukan beberapa hal diantaranya pemesanan tiket, memesan produk takeaway, pengiriman produk seperti pakaian dan lain sebagainya. Chatbot tersebut biasanya sering digunakan pada berbagai macam situs besar dalam melakukan pemesanan. Diantaranya seperti pada penjualan di Facebook Messenger, KIK, Youtube, Line atau Instagram dan berbagai platform perdagangan sosial lainnya.

Fungsi Chatbot Commerce

Ada beberapa fungsi dari chatbot yang sangat bermanfaat untuk bisnis, dan merupakan hal yang cukup penting bagi sebuah bisnis. Berikut ini beberapa fungsi dari chatbot yang biasanya digunakan untuk bisnis.

  1. Pusat Pelayanan Informasi Produk dan Brand

Chatbot dapat menjadi sebuah perantara yang dapat menghubungkan pelanggan dengan penyedia layanan, dimana chatbot diatur secara khusus agar dapat berinteraksi serta menjawab pertanyaan umum yang biasanya akan diajukan oleh pelanggan. Secara tidak langsung chatbot dapat mengambil alih fungsi dari seorang customer service namun memiliki kemampuan yang terbatas pada pemrograman yang dilakukan.

  1. Asisten Belanja E-commerce

Chatbot juga memiliki fungsi sebagai seorang asisten belanja bagi para pelanggan yang kemudian bisa memberikan efek untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan. Seiring dengan perkembangan teknologi penggunaan chatbot juga memiliki kemampuan yang hampir sama dengan seorang salesman yang mampu menjadi tenaga penjualan. Chatbot dapat memperkenalkan produk kepada pembeli dan mencarikan produk yang diinginkan atau dibutuhkan oleh pembeli, sehingga pembeli bisa mendapatkan pelayanan cepat yang memuaskan.

  1. Menghasilkan Lead

Bahkan chatbot sudah mempunyai fungsi untuk menghasilkan lead yang dapat memberikan pelanggan potensial dalam sebuah bisnis. Chatbot mempunyai peran yang berkesinambungan satu sama lain di dalam tim marketing dan mempunyai kemampuan yang multiguna sehingga sangat bermanfaat bagi peningkatan profit.

Dalam menggunakan chatbot commerce sendiri, biasanya dibutuhkan biaya sebagai investasi awal yang cukup terjangkau atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun jika dibandingkan dengan pembayaran gaji staf setiap bulan menginvestasikan biaya awal untuk chatbot pasti lebih menguntungkan. Dengan mempertimbangkan manfaat penggunaannya, chatbot ecommerce dapat digunakan untuk menunjang jalannya suatu bisnis. Pengaplikasiannya pun juga dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply