You are currently viewing Begini Cara Tepat Membersihkan Dim Sum Steamer

Begini Cara Tepat Membersihkan Dim Sum Steamer

DimSum steamer yang terbuat dari bambu perlu untuk dibersihkan secara ekstra agar terhindar dari nosa, bau, jamur, dan kerusakan. Dalam membersihkannya terdapat langkah-langkah yang bisa Anda ikuti, berikut simak ulasannya. 

  • Bersihkan Sisa-sisa

Biasanya jika Anda menggunakan bamboo steamer, akan lebih rentan untuk adonan menempel pada klakat. Agar tidak menjadi jamuran, maka Anda harus sering-sering membersihkannya setelah digunakan.

Cara mengambil sisa-sisa tersebut ialah dengan menggunakan sumpit. Hindari menggunakan sumpit dengan bahan plastik atau logam, karena bisa merusak lapisan dari bambunya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan sumpit kayu. 

  • Gosok Steamer

Jika Anda telah berhasil mengambil sisa-sisa makanan, maka langkah selanjutnya menggosok steamer dengan menggunakan sikat nilon yang lembut. Setelah itu, siram steamer dengan menggunakan air panas, sehingga kotorannya dapat terbuang. Hindari untuk menggosok atau menekan steamer terlalu kuat dan keras, karena dapat menyebabkan klakat menjadi rusak. 

  • Bersihkan dari noda dan bau 

Pada kasus dimsum steamer yang tidak dibersihkan secara benar dan tepat dapat membuatnya menjadi berbau bahkan meninggalkan noda hitam yang seringkali susah untuk dihilangkan. Oleh karena itu, untuk langkah selanjutnya Anda perlu membersihkan steamer dari bau dan noda. 

Caranya ialah dengan mendidihkan air di dalam wajan pada ketinggian dua setengah sentimeter dari permukaan. Kemudian, letakkan steamer dengan keadaan terbalik di atas wajan. Kukus steamer dim sum kurang lebih selama lima menit, setelah itu angkat. 

Anda perlu menggosok pada bagian klakat yang telah mengalami perubahan warna dengan menggunakan air dan cuka putih. Gosok dengan sedikit kuat, tetapi jangan sampai merusak klakat bambu.

Kemudian, Anda perlu mengukus kembali klakat kurang lebih selama lima menit agar dapat menghilangkan bau cuka. Setelah itu, bilas streamer menggunakan air panas.

  • Keringkan dan simpan 

Sebelum Anda menyimpannya, steamer yang telah dibersihkan harus dikeringkan terlebih dahulu agar dapat terhindar dari bau dan jamur. Caranya cukup diangin-anginkan saja. 

Dimsum steamer yang telah kering, lapisi di dalamnya dengan menggunakan kertas roti bulat dan berlubang. Kemudian, Anda dapat menyimpan ditempat yang bersih dan kering. 

Leave a Reply