You are currently viewing Inilah Waktu yang Tepat untuk Melakukan Tes Kesuburan Rahim pada Wanita

Inilah Waktu yang Tepat untuk Melakukan Tes Kesuburan Rahim pada Wanita

Tes kesuburan rahim merupakan hal yang wajib menjadi perhatian sepasang suami istri yang telah lama menikah tapi tak kunjung dikaruniai keturunan. Terlebih bagi wanita yang sering mengalami keguguran. Tes tersebut dilakukan untuk mengetahui keadaan rahim agar, jika terjadi hal yang tidak baik pada rahim bisa segera dicarikan solusinya.

Lantas, kapan saat yang tepat untuk melakukan tes kesuburan?

Harga tes kesuburan wanita tidaklah murah, jadi tidak semua wanita harus melakukannya. Adapun wanita-wanita yang harus melakukan tes kesuburan adalah wanita yang masuk dalam kategori di bawah ini:

  1. Berat Badan Tidak Ideal

Tidak banyak yang tahu bahwa, berat badan yang tidak ideal berpengaruh terhadap kesuburan seorang wanita. Sebelum memutuskan untuk mengikuti program hamil, seorang wanita perlu memastikan bahwa berat badan yang dimiliki tidak kurang dari 45 kg. Selain itu, indeks massa tubuh wanita sebelum hamil harus lebih dari 10 kg per meter perseginya.

  1. Ketika Usia Sudah Lebih dari 35 tahun

Selanjutnya, tes kesuburan rahim harus dilakukan pada wanita yang berusia lebih dari 35 tahun. Kenapa? Usia 35 tahun merupakan usia di mana seorang wanita sedang berada pada tahap puncak kesuburan. Jika sudah lebih dari itu, sangat kecil kemungkinan untuk bisa berhasil dalam sebuah program hamil.

  1. Sering Mengalami Keguguran

Selain ketiga hal di atas, tes kesuburan wanita juga harus dilakukan oleh seorang wanita yang kerap mengalami keguguran. Melalui tes kesuburan, pemeriksaan secara menyeluruh akan dilakukan untuk mengetahui masalah yang terjadi pada rahim. Keguguran yang acap kali terjadi akan diketahui penyebabnya dan segera dapat dicari solusinya.

Kondisi Wanita yang Disarankan Untuk Melakukan Tes Kesuburan

Setelah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan tes kesuburan, selanjutnya adalah mengetahui ciri-ciri wanita yang disarankan untuk melakukan tes kesuburan. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  • Didiagnosis mengalami masalah reproduksi pada ovarium, rahim, atau saluran tuba.
  • Mengalami menstruasi lebih dari 35 hari.
  • Tidak mengalami menstruasi sama sekali.
  • Sering mengalami keguguran.
  • Memiliki riwayat penyakitradang panggul.
  • Berhubungan dengan pria yang tidak subur.

Demikian informasi seputar kapan waktu yang tepat untuk melakukan tes kesuburan rahim dan ciri-ciri wanita yang harus melakukan tes kesuburan. Pastikan tes tersebut dilakukan pada dokter ahli yang berpengalaman. Cari tahu juga terkait biaya tes kesuburan wanita.

Leave a Reply