You are currently viewing Cara menghitung estimasi kebutuhan besi beton yang mudah

Cara menghitung estimasi kebutuhan besi beton yang mudah

  • Post author:
  • Post category:Besi
  • Post comments:0 Comments

Ketika merancang bangunan, umumnya anda juga akan memperhitungkan dan mempertimbangkan komponen bangunan. Penggunaan besi beton sangat penting untuk konstruksi bangunan. Oleh karena itu, pentingnya untuk memperhitungkan kebutuhan besi beton sebelum membeli di toko jual besi beton polos dan ulir. Konstruksi beton membutuhkan besi beton yang berfungsi untuk menahan tegangan tarik. 

Cara menghitung kebutuhan besi beton 

Pembangunan struktur bangunan dengan besi beton, anda harus memperhatikan diameter dan panjang besinya. Misalnya, anda ingin menggunakan besi beton polos dengan diameter 8 dan panjang 24 meter, lalu berapa kg besi beton yang harus anda beli? Atau berapa batang yang anda butuhkan? 

Apabila panjang dan diameter besi beton sudah diketahui, anda bisa melihat tabel berat besi misalnya diameter 8, berdasarkan tabel didapatkan angka 0.395 kg. jadi volume besi dalam kilogram 0.395 x 24 = 9. 48 kg. 

Untuk mendapatkan jumlah batang, anda dapat membagi berdasarkan panjang per batang. Apabila panjang besi per batang 12 m, maka besi yang dibutuhkan 24 dibagi 12 = 2 batang. 

Tips memilih beton berkualitas 

Jual besi beton polos atau ulir yang di pasaran sangat banyak, anda akan bingung bagaimana cara mendapatkan besi beton yang berkualitas sebagai bahan utama dari konstruksi. Perhatikan tips memilih beton berkualitas, yaitu: 

  1. Cek jenis besi beton 

Terdapat dua jenis besi beton yaitu besi beton ulir dan polos. Setiap besi beton memiliki manfaat dan keunggulannya masing-masing. Oleh sebab itu, pentingnya memahami karakteristik dari besi beton sebelum membeli besi di jual besi beton polos. 

  1. Cek kondisi besi beton 

Tips selanjutnya, anda harus cek kondisi besi beton. Lihatlah kondisi besi apakah berkarat, sudah sesuai standar atau belum dan tempat belinya. 

  1. Sesuaikan ukuran besi beton 

Besi beton dipilih untuk mendapatkan bangunan lebih kokoh dan tahan lama. Ukuran standar besi beton adalah 12 meter dengan diameter yang berbeda-beda. 

  1. Pemilihan merek besi 

Jika membeli produk apapun, penting juga untuk melihat merek unggulan dari produksi besi beton. Pilih merek yang sudah sesuai Standar Nasional Indonesia. Anda bisa mengecek di bagian permukaan besi. 

Leave a Reply