You are currently viewing Cara Memilih Kapasitas Perkins Genset dengan Tepat

Cara Memilih Kapasitas Perkins Genset dengan Tepat

Memilih untuk menggunakan mesin Perkins genset adalah suatu keputusan yang tepat. Kualitas yang terbaik, awet serta irit bahan bakar menjadi keunggulan genset teknologi Inggris ini. Lengkap tersedia dalam berbagai jenis tipe dan jenis bahan bakar serta ukuran kapasitas. Mulai dari yang kecil, sedang hingga besar lengkap semua ada. Berikut ini adalah tip menghitung kapasitas Perkins genset yang tepat.

Hitung Total Kebutuhan Daya

Sebelum membeli genset Perkins, maka terlebih dahulu hitung total keseluruhan kebutuhan listrik dari suatu bangunan yang akan dibelikan genset Perkins nya. Hitung berbagai peralatan listrik yang sehari-hari digunakan. Dalam hal ini meliputi pompa air, dan AC, juga Kulkas serta kipas angin juga mesin cuci, mesin fotokopi, komputer, printer, lampu juga rice cooker dan juicer, microwave serta air purifier juga televisi dan radio, sound system hingga hair dryer serta pemanas air, oven listrik, kompor listrik, dispenser dan berbagai peralatan listrik yang ada. Biasanya dalam satuan hitung watt (W) sehingga nanti perlu dikonversi menjadi satuan hitung kilovolt ampere (kvA) yakni satuan hitung daya kapasitas genset.

Kapasitas Genset Perkins

Genset Perkins yang dijual dipasaran tersedia dalam aneka ukuran kapasitas, dalam satuan ukur kvA yang tertera di tiap mesin gensetnya. Mulai dari kapasitas yang kecil untuk keperluan rumah tangga hingga perkantoran, lalu ada kapasitas sedang maupun kapasitas yang besar untuk keperluan pabrik industri. Jenis bahannya beragam. Begitu juga dengan tipe modelnya, mulai dari genset open hingga genset silent maupun genset portable.

Patokan Konversi

Sebagai patokan untuk konversi kapasitas daya Perkins genset adalah 1 kVA ukuran kapasitas yang tertera di badan mesin genset Perkins setara dengan 800 Watt, yaitu sama saja dengan 1 kVA setara juga dengan  0,8 kW.

Rumus Konversi Perhitungan Kapasitas Genset Perkins yang Tepat

Guna mengetahui kapasitas genset Perkins yang hendak dibeli secara tepat, maka setelah mengetahui total kebutuhan total daya listriknya, dalam W. Kemudian dikonversi menjadi kVA dengan rumus sebagai berikut.

Kapasitas Genset Perkins (kvA) =

(Total Keperluan Daya Listrik (W) / 0,8) 

Contoh Perhitungan Konversi Daya Listrik

Sebagai contoh jika total kebutuhan daya listrik suatu bangunan adalah 800 watt. Maka kapasitas genset Perkins yang harus dibeli haruslah lebih besar sedikit atau mendekati

(800 W / 0,8) = 1.000 kVA

Jangan beli kurang dari total kebutuhan daya listrik supaya mencukupi, dan jangan juga beli yang terlalu besar agar tidak boros.

Leave a Reply